Jumat, 24 Mei 2013

Cara Sederhana Mempercepat Komputer Pentium 4

Jumpa lagi cuapers, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara untuk mempercepat komputer pentium4 ,  untuk komputer kelas ini dan saat ini dimana semakin hari aplikasi semakin besar dan komputer jenis ini menjadi sangat lambat untuk bekerjal. Untuk itu perlu sedikit trik agar komputer pentium 4 dapat digunakan dengan layak.
Sebelum membahas bagaimana cara untuk mempercepat komputer pentium 4, baiknya cuapers ketahui terlebih dahulu, tulisan ini tidak akan membuat komputer pentium 4 yang cuapers miliki dapat mempercepat menjalankan game online/offline  yang mempunyai grafis tinggi seperti game online PointBlank dan sejenisnya, jadi mohon maaf bagi pemilik komputer pentium 4 harap lakukan upgrade ke kelas Core2Duo atau setingkatnya untuk bisa memainkan game sejenis PointBlank.
Tulisan ini bertujuan agar komputer pentium 4 ini masih layak pada kondisi saat ini agar dapat digunakan untuk aktifitas harian, seperti menjelajah internet(browsing), menjalankan game ringan seperti game flash, memutar video, mengerjakan office dan kegiatan ringan lainnya.
Langkah pertama, CuaPers pastikan menggunakan Operating System Windows XP yang Original bukan hasil modifikasi seperti Windows XP Black Edition, atau Windows XP Theme Vista/7  apalagi menggunakan Windows Vista , Windows 7 .
Kenapa harus menggunakan Windows XP non modifikasi, karena operating system jenis ini belum terdapat aplikasi tambahan seperti tampilan cantik, tombol cantik, dan aplikasi aplikasi pemanis lainnya yang hanya memperberat kerja dari komputer pentium 4.
Langkah kedua tweaking sederhana OS Windows XP,
Performance Visual Effects kita akan mengubah tampilan Windows XP yang cantik dimana dengan tampilan klasik , ini berguna agar alokasi memory dan prosesor digunakan untuk aplikasi penting lainnnya.
Matikan System Restore, system restore memang baik untuk memulihkan kondisi dimana windows terjadi kerusakan akibat instalasi aplikasi yang salah atau terjadi kesalahan driver, namun dengan system restore ini juga memperberat kerja dari komputer pentium 4.
Turn Off Automatic Update , automatic update berguna agar operating system anda selalu terupdate dengan system operasi windows xp saat ini, namun yang harus diperhatikan, anda menggunakan komputer pentium 4 kondisi ini belumlah cocok untuk aplikasi terbaru saat ini, hal ini malah akan memperburuk kinerja komputer.
Matikan Remote Assistance, remote assistance berguna untuk pihak luar meremote komputer dengan akun yang terdapat pada komputer tersebut, hal ini saya pikir tidaklah begitu berguna jika komputer digunakan sendiri.
Visual langkah kedua
Klik Start -> Run -> ketik “sysdm.cpl” tanpa tanda petik -> klik OK
sysdm-cpl
setelah itu akan muncul menu “System Properties”
sysdmproperties
Performance Visual Effects ; klik Advanced -> Performance tombol Settings -> klik Adjust for best performance -> klik Apply dan Ok -> tunggu sesaat tampilan Windows XP akan dirubah ke klasik
perfoption
Matikan System Restore, kembali ke menu System Properties -> klik System Restore -> Klik Cheklist Turn Off System Restore on all drives -> Apply Ok
sysrestore
Turn Off Automatic Update, kembali ke mnu System Properties-> klik Automatic Updates->klik Turn Off Automatic Updates->Apply Ok
autoupdate
Langkah Ketiga pemilihan antivirus, kita harus jeli dalam menggunakan antivirus untuk komputer pentium 4 ini, karena jika kita salah memilih antivirus , komputer akan menjadi sangat lambat karena proses antivirus yang besar dalam penggunakan sumber komputer. dari pengalaman yang saya dapat dilapangan antivirus Norton Symantec dan keluarganya tidak cocok digunakan untuk komputer pentium4 karena akan membuat komputer melambat, antivirus yang ringan yang cocok untuk komputer pentium4 antara lain; Avira, Avast, Kaspersky, Trendmicro, AVG, pastikan antivirus ini selalu terupdate untuk database virus nya. Dan Hindari menggunakan lebih dari satu jenis AntiVirus dalam satu komputer , karena hanya membuat komputer menjadi sangat lambat.
Langkah Keempat Browser dan asesoriesnya, dari pengalaman yang saya dapat dilapangan browser yang ringan dan mumpuni untuk komputer ini adalah Browser Chrome , karena browser ini sangat ringan dalam menjalankan aplikasi flash seperti memutar video Youtube, memainkan game facebook, untuk Firefox sayangnya browser ini sangat boros sumber memory dan prosesor saat menjalankan aplikasi flash. jika cuapers menggunakan Firefox atau IE pastikan tidak untuk menginstall banyak toolbar pada browser tersebut, semakin banyak toolbar semakin berat kerja dari browser tersebut, dan juga bisa sangat membahayakan jika toolbar yang kita install ternyata spyware.
toolbar-banyak
Hindari banyak ToolBar dan selektif untuk menginstallnya,
Pastikan toolbar yang digunakan aman dan bermanfaat

Oke CuaPers, untuk saat ini kiranya cukup untuk 4 Langkah diatas agar komputer pentium4 cuapers dapat digunakan layak dan tidak menjadi lambat, yang pastinya cuapers harus bijak dalam menggunakan aplikasi yang berjalan dalam komputer pentium4 dikarena aplikasi saat ini sudah sangat besar menggunakan sumber hardware, sehingga komputer pentium4 menjadi lambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar